Jumat, 01 Juni 2012

Bab I komposit serat tapas kelapa

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.     Latar Belakang
Indonesia merupkan Negara agraris dan merupakan salah satu Negara yang memiliki tanah paling subur dan kaya akan kekayaan alam. Dan salah satu hasil agraris di Indonesian adalah kelapa. Tapi yang ingin kami teliti adalah pemanfaatan tapas kelapa untuk serat pengisi (filler) pada body fiber mesin perajang kertas, dengan cara mengkombinasikan polimer sebagai perekat dan tapas kelapa sebagai serat (pengikat).
Serat alam sepeti tapas kelapa telah diketahui sebagai material dengan kekuatan yang tinggi. Secara terpisah serat alam tersebut telah digunakan dalam berbagai aplikasi, misalnya pada bidang keteknikan, serat alam telah lama digunakan dalam aplikasi bidang konstruksi. Disamping itu serat alam juga mudah didapatkan dan tersedia dalam jumlah yang melimpah. Sedangkan resin komposit matriks polimer yang sangat sering digunakan karena mudah didapat serta harganya yang relatif lebih murah dan mudah diperoleh.
Proses pemilihan serat alam, desain dan fabrikasi komposit dengan teknologi yang tepat guna serta terjangkau oleh masyarakat luas merupakan pilihan yang tepat. Dimulai dari pemilihan serat alam yang sesuai dan mudah diperoleh, kemudian pembuatan desain yang harus mempertimbangkan aspek kekuatan mekanik pada komposit berserat alam ini serta proses fabrikasi yang mudah, diharapkan akan diperoleh pengetahuan mengenai teknik dan desain pembuatan komposit dengan serat alam yang memiliki konfigurasi struktur yang sesuai dan memiliki sifat mekanik yang baik untuk beragam aplikasi di bidang teknik dan bidang lainnya.

1.2.    Rumusan Masalah
Dalam keterbatasan penyusunan dalam hal ilmu pengetahuan, waktu, dan literature maka perlu adanya batasan–batasan masalah dengan tujuan agar pembahasan setiap poin yang ada dapat lebih terarah dan terselesaikan dengan baik. Batasan masalah yang saya bahas pada pembuatan perencanaan body fiber dengan serat alam pada Mesin Perajang Kertas ini adalah :
Ä  Kekuatan bahan body fiber ?
Ä  Komponen – kompone bahan body fiber ?
Ä  Campuran komposit pada body fiber ?
Ä  Serat yang digunakan dalam body fiber ?

1.3.     Batasan Masalah
Karena keterbatasan waktu, kemempuan dan kompleksinya masalah dalam penyusunan Tugas Akhir ini, sehingga diperlukan adanya batasan–batasan dengan tujuan agar pembahasan setiap poin yang ada agar lebih dapat terarah dan terselesaikan dengan baik. Batasan masalah yang saya bahas pada perencanaan pembuatan body fiber dengan serat alam pada Mesin Perajang Kertas ini adalah :
Ä  Menentukan material yang digunakan dalam pembuatan body fiber mesin perajang kertas.
Ä  Menentukan kekuatan dan ketahanan bahan yang digunakan pada body fiber mesin perajang kertas
Ä  Bahan–bahan yang digunakan dalam pembuatan body fiber mesin perajang kertas.

1.4.     Tujuan
Tujuan dari perancangan body fiber dengan serat alam pada pada Mesin Perajang Kertas adalah sebagai berikut :
Ä  Untuk mengetahui kekuatan serat alam dalam body fiber pada mesin perajang kertas.
Ä  Untuk dapat mengetahui cara pembuatan body fiber mesin perajang kertas.

1.5.     Manfaat
Manfaat dari Tugas Akhir ini meliputi antara lain:
Ä  Hasil dari Tugas Akhir ini diharapkan dapat memberikan wawasan iptek dan informasi tentang pembuatan body fiber dengan serat alam pada Mesin Perajang Kertas.
Ä  Untuk dapat mengetahui proses pembuatan body fiber dengan serat alam pada Mesin Perajang Kertas.
Ä  Untuk referensi lebih lanjut, penyempurnaan rancangan pada pembuatan body fiber dengan serat alam pada Mesin Perajang Kertas.










1.6.      Metodologi  Penulisan
Dalam penulisan tugas akhir ini, penulis menggunakan metode penulisan dalam pengambilan data yaitu berdasarkan :
1.      Studi literature
Yaitu suatu cara untuk memperoleh data dengan mengacu pada teori serta rumusan – rumusan dari buku – buku yang relevan dengan tugas akhir ini.
2.      Studi observasi
Yaitu suatu cara untuk memperoleh data dengan mengadakan pengamatan langsung terhadap objek.

1.7.         Sistematika Penulisan
               Dalam penulisan Tugas Ahir ini, sistematika yang digunakan adalah sebagai berikut :

BAB I  PENDAHULUAN
  Pada bab ini berisi tentang Latar Belakang, Rumusan Masalah, Batasan Masalah, Tujuan Penulisan, Manfaat , Metoda Penulisan, Serta Sistematika Penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI
Pada bab ini berisi tentang pembahasan komposit secara umum dalam pembuatannya pada rancangan tertentu.





BAB III PEMBAHASAN
Pada bab ini berisi tentang proses pembuatan body fiber dengan serat alam pada Mesin Perajang Kertas.

BAB IV PENUTUP
Pada bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran yang timbul selama pembuatan body fiber dengan serat alam pada Mesin Perajang Kertas.

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

34-7r3Nk-z

Foto saya
Malang, Malang Jatim, Indonesia
Terima Jual beli leptop Second juga

The Flying Dutchma

facebook